Hari Kesaktian Pancasila Wakapolres Grobogan Upaya Lestarikan Amalkan Dan Kembangkan Pancasila

Media Humas Polri || Polres Grobogan

Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari besar nasional yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Penetapan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila ini, berdasarkan SK Nomor 153 Tahun 1967 yang diterbitkan Presiden Soeharto pada 27 September 1967.

Bacaan Lainnya

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini untuk mengenang gugurnya pahlawan revolusi dalam Gerakan 30 September (G30S) pada tahun 1965.

Selain itu, peringatan ini juga untuk mengingatkan masyarakat soal ideologi Pancasila yang tak bisa digantikan oleh paham apapun.

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Polres Grobogan menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023, di Mapolres Grobogan, Senin (2/10/2023).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 ini mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Upacara tersebut dipimpin oleh Wakapolres Grobogan Kompol Gali Atmajaya dan diikuti para pejabat utama, para Kapolsek jajaran Polres Grobogan serta gabungan staf dan personel Polres Grobogan.

“Bagi anggota Polri, upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai langkah untuk menggelorakan semangat pengabdian dalam rangka memupuk kedisiplinan, jiwa korsa, loyalitas serta kebersamaan khususnya di Polres Grobogan,” kata Wakapolres Grobogan.

“Sesuai dengan tema, kita harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Mari kita dukung pemerintah untuk menindak tegas setiap gerakan anti Pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI dan anti Bhinneka Tunggal Ika,” imbuh Kompol Gali Atmajaya.

Peringatan hari kesaktian Pancasila, lanjut Wakapolres Grobogan, harus dijadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan dan mengembangkan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Harus diingat bahwa di Indonesia ini, terdapat keberagaman dalam etnis, bahasa, adat istiadat, budaya, agama, kepercayaan dan golongan yang bersatu padu membentuk Indonesia, itulah Bhinneka Tunggal Ika,” pungkas Wakapolres Grobogan. (fiq)

Pos terkait