Satgas Madago Raya Tingkatkan Kemampuan Calon Dai/Daiyah Untuk Cegah Radikalisme Di Poso

Media Humas Polri // Poso

Satuan Tugas (Satgas) II Preemtif Operasi Madago Raya kembali menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan Calon Da’i/Da’iyah antar Pondok Pesantren, Madrasah, dan Sekolah se-Kabupaten Poso.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai lembaga pendidikan di Poso yang berlangsung di Aula Hotel 99 Poso, pada Sabtu (10/8/2024), bertujuan untuk membekali calon Da’i/Da’iyah dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menangkal paham radikalisme dan intoleransi.

Kasatgas II Preemtif melalui Kompol Mat Syukri, S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran da’i dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Da’i adalah ujung tombak dalam menyebarkan syiar Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Melalui kegiatan ini, kita berharap para calon da’i dapat menjadi generasi muda yang berakhlak mulia dan mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Kompol Mat Syukri.

Kompol Mat Syukri juga menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Satgas Madago Raya dalam menangkal radikalisme dan intoleransi di Kabupaten Poso.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Satgas Madago Raya dalam menangkal radikalisme dan intoleransi di Kabupaten Poso. Selain itu, kami juga melakukan berbagai kegiatan lain seperti sambang silaturahmi ke para tokoh, sosialisasi moderasi beragama, dan pemberdayaan masyarakat,” jelas Kompol Mat Syukri.

Kompol Mat Syukri berharap, melalu kegiatan ini dapat melahirkan para Da’i/Da’iyah yang tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang pentingnya kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

“Saya berharap kegiatan ini dapat melahirkan para Da’i/Da’iyah yang tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang pentingnya kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Melalui dakwah yang moderat dan inklusif, mereka dapat menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Kompol Mat Syukri.

Para peserta sangat antusias mengikuti lomba-lomba yang bertujuan untuk mengasah kemampuan mereka dalam berdakwah.

“Kami sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Banyak ilmu yang kami dapatkan, terutama tentang cara menyampaikan pesan agama yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” ungkap Aditya siswa MAN Poso yang mendapatkan juara 1 Da’i.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak. Para peserta berharap kegiatan serupa dapat terus diselenggarakan secara rutin untuk meningkatkan kualitas para Da’i/Da’iyah di Kabupaten Poso.

Berikut penetapan peserta terbaik pada peningkatan kemampuan Da’i/Da’iyah ceramah Kamtibmas sebagai berikut:

 

Kategori Da’i/Putra:

Juara I, Aditya MAN 1 Poso

Juara II, Moh. Ihsan SMAN 1 Poso

Juara III, Moh. Zahry Ramadhan MTS Alkhairaat Tegal Rejo

 

Kategori Da’iyah/Putri:

Juara I, Nafiah Aulia Ponpes Gontor Putri

Juara II, Sulastriani SMAN 1 Poso

Juara III, Nur’aini Nuurul Ain

( Eferdi )

Pos terkait